Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selubung waktu

Pernahkah Anda melakukan kesalahan atau hal-hal memalukan di masa lalu? Dengan selubung waktu, Anda mungkin dapat menyembunyikannya sehingga seolah tak pernah terjadi. Hal semacam itu kelihatannya mustahil terjadi. Namun, para ilmuwan optimistis bahwa hal itu bisa diwujudkan meskipun tidak dalam waktu dekat. Moti Fridman dan timnya dari Universitas Cornell di Amerika Serikat, misalnya, telah menciptakan lubang alias selubung waktu lewat manipulasi sinar laser.

Dalam artikel "Lubang Waktu Bisa Diciptakan," Fridman menguraikan bagaimana selubung waktu bisa menyembunyikan sebuah peristiwa yang sangat singkat. Memang agak susah membayangkan bagaimana hal itu bisa terjadi. Video di bawah ini akan memberi gambaran bagaimana selubung waktu yang diciptakan Fridman bekerja.

Dalam video yang dipublikasikan oleh New Scientist, Kamis (12/1/2012), itu terdapat sinar warna merah yang merupakan sinar laser serta sinar warna hijau yang merupakan sinar yang berasal dari suatu benda. Kunci menciptakan selubung waktu di sini adalah memotong sinar yang berasal dari benda sehingga tidak sampai ke mata orang yang melihatnya.

Awalnya, laser yang berwarna merah memotong sinar hijau. Tampak bahwa sinar hijau berubah warna pelangi dan terputus. Celah antara dua sinar hijau yang terputus inilah yang disebut selubung waktu. Video ini juga mendemonstraikan bahwa ketika bola melewati celah tersebut, bola itu menghilang. Ini artinya, bola itu tetap menggelinding, tapi tidak terlihat oleh mata manusia.

Selubung waktu yang diciptakan Fridman memang masih sangat singkat, cuma mampu menyembunyikan objek selama 15 picodetik alias 15 per satu triliun detik. Jadi, masih perlu kerja keras untuk menciptakan selubung waktu dengan durasi lebih lama. Selubung waktu ini bisa sangat bermanfaat dalam teknologi transfer data. Penyisipan data bisa dilakukan tanpa gangguan. Asal tak disalahgunakan oleh orang-orang yang ingin berbuat jahat, alangkah menariknya jika hal itu bisa diwujudkan, bukan?